Tips for New Mom

Ibu Baru

1. Be Patient

Bagian utama jadi orang  tua adalah bersabar dalam keadaan apapun bayi dan diri sendiri.  Waktunya si bayi memerlukan perhatian, maka bersabarlah selama proses itu dijalani meski letih-lelah-lesu-lemah- asal jangan lebay (drama) hihi. Sebagian orang senang  kesedihan dipertontonkan untuk publik di ranah media sosial. Tidak bijak rasanya sering update status soal kesusahan jadi orangtua, kecuali ada pelajaran  bagi semua orang yang bisa dipetik dari kesusahan itu.

2. Melahirkan bayi (C-Section atau natural) itu melelahkan. 24 jam x 2 biasanya ibu baru akan masih dibantu nakes selama pasca persalinan. Namun begitu pulang ke rumah, akan ada sederetan pekerjaan rumah tangga yang melambai minta dibereskan. Kerjakan hanya yang PALING AMAT penting. Kalau sekedar belanjaan makanan minggu ini, lupakan saja! Saat bayi tidur, istirahat sejenak. 10 menit tidur lebih baik daripada tidak tidur sama sekali usai lelah terjaga semalaman.

Cara kilat (kurang dari 20 menit pengerjaannya) merefresh energi  bagi ibu baru   :

  • Tidur pendek
  • Konsumsi makanan-minuman kesukaan (masih yang bergizi dan dibolehkan dalam diet ibu tentunya)
  • Mendengarkan musik
  • Menonton TV
  • Mandi
  • Jalan-jalan ke luar (perhatikan cuaca dan kondisi bayi). Hindari membawa bayi baru lahir ke tempat yang sangat rentan dengan kuman dan virus : Membawa Newborn ke Luar Rumah

3. Ask for Help

Gunakan fasilitas pertemanan, call a friend dan sebagainya untuk meringankan pekerjaan rumah tangga. Usai  melahirkan, saya amat terbantu oleh teman pengajian dan ibu mertua yang membawakan makanan-makanan. Belum lagi bantuan teman di grup via telepon seluler juga proses pelampiasan perasaan campur aduk letih lelah senang jadi ibu baru.

Saat saya mengalami masalah ASI, saya sering menghubungi konsultan Laktasi dan beberapa teman juga keluarga yang juga memberikan ASI. Buat saya, kata-kata yang muncul dari konsultan ASI ibarat penenang dan ASI booster 🙂

So mom, ask for help and discuss! Termasuk jika mood ibu baru naik turun, kadang nannies , kadang marah, ask for help. Hal ini untuk mewaspadai terjadinya Baby Blues (Baby Blues  ) atau Depresi Pasca Persalinan  (Post Partum Depression)

4. Join the Club

Selamat datang di dunia parenting yang penuh permasalahan penting dan harus terus diupdate pengetahuannya. Club orang tua itu bisa membantu ibu baru mengenai berbagai hal. Pengalaman orang tua lain bisa jadi pertimbangan untuk mencari jawaban seputar parenting. Apalagi zaman sosial media, banyak profile media sosial yang bijak  memberikan nasihat mengenai parenting. Sempatkan  berkunjung ke beberapa link situs yang menjawab semua pertanyaan tentang newborn. Ibu baru wajib bertanya dan mencari tahu informasi yang akurat – bukan mitos atau hoax (termasuk info share di FB / Broadcast Message harus sering diteliti).

5. Cheers and Celebrate

Bersuka citalah ibu baru. Penantian lama itu kini hadir dihadapanmu. Bersyukur atas kehadiran si newborn nan lucuk. Perhatikan hal berikut sebelum tekan tombol share / membagi foto si bayi di media sosial:

  • Unggah foto di lingkaran pertemanan, bukan publik. Bagaimanapun dunia maya tidak selalu aman, terutama beberapa kasus pedofilia bisa melibatkan foto-foto bayi.
  • Unggah foto tanpa memberikan informasi penting dan detail seperti alamat rumah, dokter, dsbnya.
  • Unggah foto yang baik. Jangan unggah foto saat ia menangis atau tanpa busana. Hal ini memberikan respek kepada si bayi saat ia besar dan mengerti nanti melihat foto-foto yang dipajang orangtua.
  • Jika foto bayi digunakan sebagai profil di ponsel tau media lain, selalu gunakan watermark alias nama anda di foto. Hal ini menghindari foto si bayi disalahgunakan sebagai media lain. Satu ketika saya memajang foto yang saya ambil, beberapa menit kemudian teman lain dalam satu kontak pertemanan sudah mengambil foto itu lalu disimpan dalam profilnya. Teman kakak saya bahkan menjadi “model” dalam sebuah meme (Apa itu Meme?) tanpa sepengetahuannya.

 

Sila unggah Buku Catatan Bumil yang saya buatkan (bentuk file PDF). Happy parenting!

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s