Review Mainan untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jadi ibu baru itu benar-benar akan haus segalanya. Termasuk haus informasi sehingga mulai rajin mensubmit/daftar email ke situs yang memberikan informasi tentang bayi. Tapi dampak buruknya akan selalu datang email promosi dari situs itu. Mereka memborbardir promo keperluan bayi yang akan dan tengah berdiskon. Belum lagi godaan jika masuk ke Toys -R – Us (sejenis supermarket perlengkapan bayi di AS) membuat hati lupa diri hingga kantong suami membatasi. Hingga menjelang satu tahun ini, dengan penuh perjuangan menahan diri, M bayi saya hanya memiliki mainan berikut:

  1.  Teether . Harapan : Teether memberikan kenyamanan kegatelan gusi. Realita kegiatan M: Usia 2 bulan saat diberikan teether , M hanya gigit 1 -5 detik. Usia 4 bulan: menggigit namun bagian plastik bukan bagian karet teether.Usia 9 bulan yeah lebih senang gigit apel kukus.
  2. Kerincingan / Rattle . M baru dikenalkan mainan ini di usia 4 bulan saat ia mulai menggenggam lebih kuat. Di usia 7  bulan ia sangat semangat memainkan ini.
  3. Boneka/Soft Toys. M dikenalkan mainan di usia 2 bulan. Bentuk boneka ulat bulu dengan bel di dalam badan boneka. Sesuai kebiaasan jadi bayi, benda ini hanya digit dan diguncang. Namun ia lebih tertarik pegang dan raba sambil mencari mata si boneka, hingga tertawa saat usia 7 bulan. Ada satu boneka yang juga bentuknya seperti handuk, kini M bisa memainkannya dengan meraba semua sisi boneka, selain ia tertarik saat saya bercerita menggunakan boneka.
  4. Marakas. Lumayan deh untuk mainan ini yang bisa digigit juga digerakkan dengan tangan atau kaki:p Di usia 8-9 M lebih tahu cara menggerakkan mainan ini sesuai fungsi. Namun M belum bisa mengiringi band dengan mainan ini.
  5. Bola. Ini mainan favorit! Selalu menarik para bayi.
  6. Selimut. Teman bermain dan belajar… Belajar ciluk ba, belajar kenal kosakata dingin halus…Alas ompol dadakan juga ,wkwk.
  7. Buku. M saat ini suka membalik buku lalu menggigit (lagi). Saat masih 2-3 bulan, M menyukai buku ukuran besar  (sekitar A5) dengan layout isi buku hanya gambar (berupa foto). Kini M akan menggunakan buku sebagai mainan untuk dibalik, meraba gambar (terutama gambar dengan tekstur). Belajar kosakat tentu dapat juga dari mainan ini.
  8. Sendok. Saat makan saat main. Betul sekali, jangan pelit kasih sendok, karena tekstur metalnya begitu enak. Usia 9 bulan saat tepat untuk mengenalkan sendok dan cara menyuap. M bisa mengarahkan sendok untuk dimasukkan ke mulut, walaupun selebihnya ia akan mengayun, menjilati dan melempar…sendok. Mainan kan?? Jadi tidak apa disemena-menakan,hihi.OLYMPUS DIGITAL CAMERA
  9. Spatula. Ini betulan mainan ? Hanya untuk belajar mengayun dan sesekali M menjilati spatula:p
  10. Mainan bergantung. Usia 2-3 bulan bayi akan belajar meraih apapun di atasnya. Berikan stimulasi dengan memberikan mainan yang digantung di atas bayi. Bersiap juga ia bisa menarik mainan itu dengan kaki kecil lucuk:)
  11. Piano. Saat usia 2-3 bulan awal-awal menendang benda, M tidak tertarik berulang kali memainkan piano. Namun setelah 7 bulan ia bisa meneliti dari mana asal suara, saat ini bahkan ia akan berulang kali menepuk piano.
  12. Music Box. Ini mainan favorit banget… Ia suka menggigit tapi juga akan berusaha mencari suara dari music box. Saat-saat mendengarkan musik sik sejak 3 bulan. Semakin tambah bulan , M berusaha mencari suara dengan menepuk tombol  berulang kali.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s