How Baby Learn to Drink

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Sippy cup – Botol

Syringe + Spoon

Bayi belajar minum? Kan ada botol?Kenapa belajar minum, gak ngedot aja? Sekarang (2016)orang dewasa di warung  pun pakai botol susu!

Bagi saya kemampuan adaptasi jauh lebih berguna dibanding mengikuti metode konvensional. Baby M mulai belajar minum sejak 2 bulan. Dokter meminta ia menenggak vitamin. Hah? Karena ASI tidak memiliki vitamin D maka diresepkanlah satu dosis vitamin per hari. Sehingga M mau tidak mau belajar minum vitamin dengan  suntikan tanpa jarum pastinya.

Bulan usianya bertambah..Kami harus terbang melintasi dua dunia, barat dan timur. Kami melakukan perjalanan dengan pesawat terbang selama total 17 jam. Saat itu baby M akan berusia 6 bulan. Belum pernah minum selain dari ASI. Botol pun tidak pernah saya kenalkan. Saya masih parno ia bingung nipple nantinya. Maka saya mencoba mengenalkan sippy cup. Berhasil? Saat ini iya. Saat itu? tidak. Namun  tetap saja sippy cup pinknya beserta botol susu saya bawa dalam traveling. Agar jika satu waktu saya tidak bisa menyusui ASI dengan PD, saya bisa menggunakan benda -benda belajar minum tadi.

Awal belajar minum menggunakan sippy cup, M tidak bisa memegang.  M selalu menggiti  bagian sedotan sippy cup. Lalu selama perjalanan ternyata ia dikenalkan dengan makanan berkuah.  Kemampuan lain pun harus kami kenalkan. Kami mengenalkan metode minum dengan sendok. Alhamdulillah sejak pertama kali diminta minum dengan sendok ia bisa menyeruput .

Saya pun terpikir  menggunakan cara lain untuk belajar  minum. Hasil perburuan ide  Montesorri di Pinterest. Di usia 7 bulan, saya mengenalkan cara minum dengan gelas. ASI perah yang masih banyak jumlahnya, saya gunakan untuk M kenal cara minum. Insha Allah, ASIP belepotan seluruh baju. Namun belepotan noda makanan di baju hal biasa buat M, karena M menggunakan cara makanan pendamping susu dengan metode BLW, jadi belepotan  ASIP pun tetap happy.

Hingga akhirnya, Alhamdulillah M kini bisa belajar minum dengan empat benda. Belum klop banget pegang gelas sis karena masih level pemula. Juga pegang syringe mah boro-boro:D  Tapi cara pegang botol susu sudah hapal  sama menyendok. Hal ini sangat membantu saat kami harus bepergian. Kami tidak tergantung dengan satu jenis alat untuk minum. Jadi kika  M ingin minum kuah soto atau sup tom yam, saya siap tempurlah dengan sendok. Paling tidak , dalam tas perlengkapan kebayian saya selalu membawa sippy cup/botol susu.

Begitulah cara belajar minum ala kami, bagaimana dengan kalian – tim hore ortu X bayi? Sharing ya di kolom reply !

Satu pemikiran pada “How Baby Learn to Drink

  1. Ping-balik: Top Furnitures and Decorations for Supporting Baby Milestone – Lanny Sari

Tinggalkan Balasan

