Reality Show tentang 3 Gaya Parenting

 

Realiti Show Bringing Up Baby yang diproduksi oleh  BBC, memaparkan tentang metode pengasuhan anak. BBC meminta beberapa orang tua memilih dan  mempraktekan 3 metode parenting yang berbeda.

Metode 1 : The Liedloff Continuum Concept

Keterikatan ibu dan anak sangat dipegang erat oleh metode ini. Anak akan selalu ada dalam dekapan kain gendong ibu, termasuk berada di tempat tidur bersama orang tua hingga beraktivitas sehari-hari. Anak bayi akan selalu menempel pada sang ibu/ayah. Metode ini meniru kehidupan ibu dan anak dari sebuah masyarakat primitif.

Continuum Concept

Metode 2: Dr Benjamin Spock

Dokter anak yang juga aktivis anti perang ini memiliki prinsip : anak yang diperhatikan bukan berarti dimanjakan, orang tua harus lebih fleksibel -tidak tegas seperti pendidikan militer – dan menganggap anak sebagai insan. Dalam metodenya, dokter Spock mengedepankan perhatian orang tua terhadap anak yang harus selalu dipenuhi. Namun tidak selalu anak dimanjakan dengan kasih sayang, ada juga aturan yang digunakan saat membesarkan anak. Seperti menidurkan bayi di tempat tidurnya sendiri.

Buku fenomenalnya yang diakui best seller melebihi  Bible adalah The Common Sense Book of Baby and Child Care. Pengasuhan anak seajack ibu hamil hingga anak dewasa dibahas dalam revisi terbaru buku ini.

Metode Tiga : Dr Truby King

Dokter bedah ini memilih childcare sebagai fokusnya karena ia terpukau dengan kesehatan para bayi di Jepang yang diberikan ASI. Hingga akhirnya ia mendirikan Plunket Society sebagai gerakan pemberian nutrisi bagi para bayi dengan tujuan agar bayi di New Zealand menjadi salah satu bayi tersehat di dunia.Baby-Carriage-Vintage-Image-GraphicsFairy-2

Metode Truby dikenal dengan metode disiplin. Para bayi diberikan waktu yang ketat untuk minum susu dsbnya. Bahkan bayi dibiarkan tidur di kamar dan tempat tidurnya sendiri, walaupun bayi menangis  selama 4 jam. Hingga waktu minum susu datang, barulah para bayi diberikan perhatian fisik dan psikis lagi.

Biografi Dr Truby King

Nah, dari tiga metode tersebut, yang mana yang cocok dengan kehidupan kita? Dalam realiti show disebutkan, orang tua pekerja cenderung memilih metode Dr Truby King yang konon bisa dengan cepat mengembalikan ritme kehidupan pribadi orang tua kembali. Para bayi baru lahirlah yang mengikuti ritme kehidupan  orang tua. Bukan orang tua mengikuti ritme  para bayi. Orang tua yang memilih metode Dr King harus berdarah-darah menyaksikan para bayi baru lahir menangis dalam waktu lama.

Dr. Spock merupakan metode pilihan yang banyak diterima. Dalam bukunya Spock menekankan orang tua, terutama ibu tahu yang terbaik bagi anaknya. Istilah mother instinct begitu diterapkan. Dr Spock banyak memberikan arahan betapa keamanan dan kenyamanan bagi bayi begitu dipentingkan. Parenting bisa berjalan seperti yang diinginkan orang tua tapi juga mengerti kebutuhan bayi yang selalu ingin dipenuhi kebutuhannya.

Metode Continuum Concept sangat mengutamakan bonding orang tua -terutama ibu dan anak. Sesibuk apapun ibu/ayah, harus tetap menyertakan anak dalam pelukan. Tidak boleh lepas sedikitpun. Bahkan penggunaan stroller pun tidak dianjurkan. Sang mentor akan selalu mengarahkan orang tua untuk selalu membawa anak di kehidupan mereka.

Hal menarik terjadi saat semua orang tua di realiti show dipertemukan. Mereka saling bertanya  jam tidur bayi mereka, hari pertama sebagai orang tua hingga mulailah mereka membandingkan satu sama lain hasil metode pilihan mereka sendiri.

Apa yang terbaik untuk anak adalah pilihan orang tua. Tiga metode diatas sama-sama memiliki tujuan agar anak mendapatkan pengasuhan. Tapi gaya yang mana yang sesuai dengan lifestyle dan naluri sang orang tua, itulah yang menentukan pilihan akhir. Untuk produk alias karakter anak yang dihasilkan dari 3 gaya parenting tersebut, menurut BBC bisa dibuktikan lewat kebanyakan manusia produk tahun 1950an Dr King yang begitu kaku. Orang tua 1960an yang penuh gaya hippies nan cinta damai. Hingga gaya natural seperti peminat parenting ala Continumm Concept.

Yang terpenting..Happy Parenting!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s