BLW while Traveling

Makanan pendamping ASI yang saya berikan pada M mengikuti Baby Led Weaning .Metode ini  membiarkan bayi diberikan makan pendamping dengan bentuk tidak dihancurkan berupa bubur – kadang dalam bentuk utuh. Makanan yang diberikan pada tahap awal seperti sayur dan buah, ada beberapa makanan yang perlu direbus ada yang tidak. BLW memberikan  manfaat bagi M:

  • belajar mengenal tekstur makanan
  • kenal teknik memotong makanan meski belum muncul gigi
  • merasakan tekstur tidak hanya dengan lidah tapi juga jari jemari- makanan disuap

Ternyata BLW memberikan keuntungan saat traveling, M bisa melahap buah-buahan atau sayur selama diberikan dalam bentuk potongan tanpa perlu dihancurkan, jadi tak perlu repot menghancurkan atau puree makanan. Makanan buah dan sayur yang diberikan bisa dalam bentuk utuh atau variasi seperti masakan orang dewasa- selama tidak ada gula dan garam  di dalam masakan.

Menu BLW Travel kegemaran M di antaranya : sayur buah rebus, salad buah dengan cocolan yoghurt, sup ( ayam – Miso- soto  ), bakso , pita bread, nasi putih , pizza , telur dadar, sandwich, roti, aneka pasta (tanpa saus botol).

 

Meski bebas menunya apa saja, semua masakan di atas, saya punya ketentuan: anak tidak dipaksa makan- MPASI adalah makanan pendamping bukan makanan utama, pemberian sayur buah yang sama -ganti setiap 3 hari untuk menelusuri alergi, potongan kecil, untuk sayur dan buah yang dimasak  harus dimasak sempurna tanpa garam-madu (saat ia belum berusia  1 tahun), bumbu biasanya saya beri butter atau lada dan rempah, bahan makanan harus fresh – halal tentunya juga tanpa bahan yang dipak dalam bentuk botol / kaleng . Jadi Mama harus banyak tanya pada si pembuat makanan/pelayan restoran.

Mau coba BLW? Praktis sekali saat traveling sih tapi  MPASI dengan  BLW tetap ada aturannya. Wajib baca cooking booknya yang ada di link BLW di atas agar tahu standar keamanannya; ikut grup BLW; riset seputar BLW. Hati-hati dengan high chair  dan area makan si bayi akan penuh dengan juice dan potongan makanan😃 Termasuk saat traveling dengan si kecil. Seperti saat saya travel ke perkebunan cherry, M tidak sabar menikmati ceri langsung dari pohon. Ceritanya di Very Cherry Day

Happy Meal Time!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s