Uncategorized

Cara Asyik Menstimulasi Kosakata Anak

Ocehan ocehan bayi memang lucu cekali. Udah lihat ya video viral bayi sebagai pelayan menuliskan pesanan kwetiau  😆  M sendiri sering banget ngoceh kalau lagi ngantuk . Seperti sedang mereview kejadian hari itu. Semua kata yang terucap di hari itu, termasuk persona ataupun sekedar benda di buku cerita,akan disebut-sebutnya satu persatu.Belum lagi saat ia bicara, banyak kata baru muncul yang kadang saya tidak mengerti..

Kolala ? is Koala

Jae je yo? maksudnya Kastangel!

Apelsos? sebenarnya ingin bilang applesauce

Wetdon? dia selalu bilang kalimat ini sambil menunjuk crayon atau alat tulis lain. Ini dia cara yang saya lakukan dengan bayi saya :

  • Baca gambar; bisa gambar  di flyer , boks snack, bungkus kado atau hanya setitik gambar di kartu kereta cepat.
  • Baca buku dengan bersuara kencang atau pembaca buku yang memberikan sound effect dari cerita.. sebisa mungkin carilah buku bacaan yang banyak mengenalkan bunyi-bunyian. Misal buku tentang binatang dan suaranya . Saat membaca, tirukan segala dialog dengan efek suara dan gerakan . Misal saat bebek berujar , gunakan “kwek” dan lakukan gerakan si bebek sesuai isi cerita. Simak juga 7 Waktu Pilihan Bercerita .
  • Traveling , saat jalan-jalan  lihat anjing laut , M dengan cepat menirukan suara para anjing laut dan mau tidak mau pasti belajar menyebut dan mengingat kata “anjing laut”. Simak cerita ketemu anjing laut di Ekplorasi Pagi di Januari 2017
  • Bercerita jadi kegiatan wajib agar anak mengenal aneka kata baru.
  • Lihat foto album . Nah sambil menelusuri jejak kenangan bersama anggota keluarga dan  juga mengenal anggota keluarga tentunya, foto alat efektif merekam gambar dan kata bagi anak.
  • Bernyanyi lagu, meneruskan lagu
  • Merekam Lagu dan meneruskan lirik lagu. Berpacu dalam melodi yuk dengan si kecil. Rekam sebuah lagu dan nyayikan bersama. Bisa juga kegiatan ini dimodifikasi dengan meneruskan lirik lagu. Biarkan si kecil meneruskan lirik lagu yang kita mulai. Tentu saja si kecil harus hafal tune dan kenal kata dalam lagu tersebut. Jadi sering-seringlah bernyanyi!
  • Play pretend alias main pura-pura. M sangat menyenangi kantong belanja. Lalu saya buatkan “peran” ia berbelanja. Ia akan menerima kartu sebagai alat belanja lalu saya tukar benda yang bisa dimasukkan ke dalam kantong belanja.
  • Video Recording.
  • How to activity seperti membuat sandwich, melipat baju, bahkan Beberes ala Mpotty training. Kegiatan yang dilakukan dengan pengalaman nyata dengan benda nyata , akan jauh lebih cepat menghasilkan kata baru  bagi anak .

Selain aneka aktivitas diatas, ada cara untuk memudahkan si M berujar kata baru. Sesuai panduan developmental milestone alias perkembangan anak , anak sebelum 2 tahun (24 bulan)  bisa ucapkan 2-3 suku kata dengan kata sebanyak paling tidak 20 kosakata.  Trik saya saat menyampaikan kata baru kepada si kecil:

  • Bicara pelan dan jelas saat copy cat ini ingin mencoba kata baru. Pilihan tone dan kecepatan nada bicara kita jangan seperti bicara cerita gosip hot kepada besties atuh.. Clear and slow. Ada lho ponakan saya sulit menirukan kata , kemudian saat saya bicara dengan nada lebih pelan dan funny accent or tone, dia malah paham bener.
  • Gunakan bahasa sesuai kemampuan ” anak “. Ketika kita KZL – kuesel – mau tantrum; misal karena susu  mahal tumpah di sprei pilihan terbaik minggu ini, jangan bawa-bawa harga sprei  lah! Apalagi sebut biaya laundry …Mana ngerti si kecil mak😬 saya (usahakan) diri ini tak marah ( bagi ku surga menurut Hadist) lalu jadikan badai amarah sebagai sarana belajar.”  Aku ngga suka kamu makan di kasur. Susu tumpah, yuk ambil lap. “Osrek!” si kecil pun belajar ngosrek sambil terima input kata “lap“.. Seperti bapak-bapak denger istri ngomel lah, paling kalimat marah membahana hanya di denger satu dua kata aja😅
  • Pahami dan tes pehamanan anak. Adakah ia paham kata -kata yang direkam ulang olehnya . Contohnya kata “pee “dan ” poo “, M sudah bisa menirukan bunyi kedua kata, namun ia binun definisinya bahwa pee poo berbeda. Masih terbolak balik, belum lulus potty training 100% juga sih *curcol*
  • Mulai dari kata yang familier. Kata yang sering dipakai akan semakin diingat. Kalau dibuat list kosakata yang  berkaitan kegiatan si anak kecil…. bejibunnnn. Dan kita gak perlu dulu ngajarin soal definisi kebersihan. Kita mulai dari hal konkretnya yang bisa dilihat diraba diterawang sampai dicium oleh anak. Misalkan belajar definisi bersih lewat kenal sampah , kotak sampah , sikat dan sebagainya .
  • Kenalkan kata dengan aneka kegiatan. saat mengenal alfabet, M sudah melewati berbagai kegiatan tentang ABC. Saya belikan puzzle ABC, menyanyikan lagu, hingga “membaca” gambar ABC dalam buku tentang ABC.

 

Happy Baabling Cooing Talking Baby!

 

Referensi

Baby development

 

LS

Bonus:

 Printable daftar gambar kosakata anak 1-2 tahun. Silahkan unduh di flash-card-kosakata

Iklan

3 thoughts on “Cara Asyik Menstimulasi Kosakata Anak”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s