Kiddy Activity, Parenthink, Traveling

Winter – Spring 2017 Play Time

Tantangan ibu baru dengan toddler yang hobi muter sana sini adalah diskonnya sinar mentari! Hah? Sebenarnya meski keren buat foto-foto sama dedaunan di empat musim, tinggal di negeri empat musim,  membuat ibu dengan toddler makin puyeng : anak-anak yang secara statitistik itu memang dalam setahun bisa terkena sakit hingga 5-10 kali, pada dua musim ini juga rentan terserang flu. Kami jadi banyak menghabiskan waktu di dalam rumah sementara musim dingin ini tanpa salju lho. Lalu tinggal di negeri empat  musim, sekolah pun punya jadwal libur empat kali setahun (Spring break, summer break, christmas dan fall). Hmm ini berarti anak-anak seharian di rumah, dan ibu banting tulang memasak sambil cari “mainan” asik untuk anak-anak. Alasan puyeng lain tuh  taman main umum saat winter – spring jadi tempat bermain yang kurang nyaman karena tempatnya terbuka tidak bisa dipakai saat hujan turun atau cuaca berangin.

Ketika musim winter-spring di rumah saja, kegiatan saya bersama si almost two years old M:

  1. Masak , resep terbaru yang kami coba adalah membuat cereal,membuat pancake dan mengupas telur.
  2. Bermain playdoh . Saya melihat ada potensi jemari-jemari tangan M senang membuat bentuk ketika ia menggumpal tanah. Lalu jari jemari saya pun bertindak mencari bahan play doh yang aman dan jika sampai tertelan saya masih bernapas lega. Maklum Ibu Pinterest selalu siaga buat brainstorm ide segar. Follow ya pinterestnya mama M *promo* Oh resep play doh dari bahan kue yang dimasak ada di postingan khusus selanjutnya.
  3. Beberes mainan karena M senang bongkar semua tatanan rak mainan. Jadilah kami bermain beberes rumah. Tapi ya kemudian 10 menit lagi ada barang lain ia keluarkan dari tempatnya! Its NORMAL.
  4. Berendam Air Hangat. Ini pencuri waktu saya untuk bisa bernapas lega beberes rumah:D M bisa sangat senang happily ever wish wash benda-benda aneka jenis ukuran sambil berendam air hangat. Buktinya ia bernyanyi riang selama di dalam bathtub! Sambil belajar IPA juga kan tentang bangun ruang mainan dan volume air. Sebenarnya bukan mainan bath toys gitu… hanya aneka botol, wadah pengukur juga kontainer kecil *iritpangkalkreatip*
  5. Hal lain yang si dua tahun sekarang ini senang lakukan adalah main aktivitas fisik seperti mendorong sepeda dan berusah mengayuh sepeda, main di belakang rumah mengamati binatang yang lewat seperti semut dan kucing hingga burung terbang.
  6. MasakYo! Ajang bermain dengan alat dapur realistis. Saya berikan semua alat dapur yang aman untuk ia eksplor.
  7. Main Peran : Pura-pura jadi mama yang shopping dengan tas belanja, jadi papa yang naik sepeda dengan helm, hingga jadi bayi !
  8. Swimming Lesson dan Water Play : yup ini jadi kegiatan favorit M. Apa sih belajar renang untuk anak semi toddler yang belum 2 tahun? Yah nyemplung di air bersama pelatih sambil bernanyi dan main gerakan-gerakan dari lirik  lagu. Bukan renang ambil napas lalu ngapung kok.
  9. Transfer Air dan Pompom. Saya mengambil ide dari  montesorri untuk melatih self skill, motorik halus dengan menggunakan air + 2 wadah untuk dipindahkan. Lalu pompom (sejenis bola kecil) + mangkuk + sendok.
  10. Bakul Baju. Ini pun ide Montesorri  yang saya lakukan. Sering kali M tertarik untuk mengenal tutup buka kancing, maka M saya berikan baju-baju  bayi dengan aneka jenis kancing. Ia berlatih membuka pasang dan tarik lepas kancing.

Baca juga cara saya menjaga rutinitas anak di Your Toddler Routine Is Your Key to Happiness

Kalau sudah semua kegiatan sudah dilakukan, ingin main yang jauh  ya kami ngacir deh ke tempat bermain indoor. Seperti Habitot Children’s Museum (HC). Kami berkunjung saat mereka merayakan ultah. Jadi rejeki mama sholehah dapat tiket gratis! Habitot letaknya di kota pelajar Berkeley. Nah Berkeley kota yang banyak penduduk namun letak geografis dan kontur tanah berbukit namun tak luas. Maklum kalau aktivitas kota ini terpusat di sekitar downtown. Di situ banyak tempat makan dan children museum juga berada di downton. Sehingga HC secara bangunan tak begitu luas. Bahkan ada di bawah tanah (basement gedung). Area HC yang tak luas dimanfaatkan dengan tepat oleh pengelola museum. Setiap sudut ada ruangan untuk anak bermain. Area tersebut adalah:

  • Area Role Play yang terdiri dari mobil pemadam kebakaran termasuk penyediaan kostum dengan ukuran anak, area panjat yang dibuat seperti gua, juga area berdandan yang dipenuhi cermin berhias lampu untuk make up.
  • Area Puzzle bersebelahan dengan area baca buku dan toilet
  • Area Car Wash untuk buang-buang  air :p
  • Area Restaurant dan Market
  • Area Bayi

Tak lupa HC memiliki fasilitas umum seperti  ruang makan, kamar mandi dan toko mainan – souvenir.

Sementara Indoor Play lain yang kami coba adalah PLAY HAVEN. Letaknya di pusat Kota San Francisco. Dengan tiket masuk senilai $14 anak-anak boleh bermian sepuasnya hingga tempat tutup di sini. Atmosfer di sini jauh berbeda dengan HC. Lebih teratur dan montesorri based. Ruangan PH menggunakan lampu temaram dan  sinar matahari dan tanpa AC. Sangat hemat ya!  Letak lokasi PH juga  menguntungkan  dengan  dikelilingi pohon, berseberangan dengan taman besar, juga struktur ruangan PH memiliki langit-langit tinggi. Hal ini membuat anak sangat nyaman untuk bermain di dalam. Area utama PH dibagi dua: Infant Area dan Toddler.

Area toddler memiliki bagian sendiri:

  1. Art and Craft
  2. Panjat dinding dan perosotan
  3. Lego Raksasa
  4. Sudut baca
  5. Patio
  6. Blocks
  7. Lego
  8. Food Stall
  9. Kitchen

Fasilitas umumnya di PH adalah favorit saya bingit! Tempat makan, toilet, dan breastfeeding room:D Tempatnya super bersih, hanya dengan 2 staff saja (mbak admin ramah dan mbak janitor yang senang main dengan anak-anak).

Infant Area PH

Itu cerita kami di dua musim  lalu.. apa cerita mainmu?

Happily Playin Ever After! 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s